Terbukti! Ini Tips Untuk Buat Komputer Jadul Tetap Ngebut

1. Lakukan Perawatan Hardware Secara Berkala

foto-computerrepairlane-jadulcepatx
Yang pertama, tips agar perangkat kamu selalu dalam kondisi prima, yaitu jelas dengan merawat hardware-nya. Kamu wajib melakukan ini minimal 1 tahun sekali. Bagaimana cara merawatnya?
  • Bongkar secara menyeluruh.
  • Bersihkan debu-debu.
  • Ganti thermal pasta.
  • Bersihkan board dengan kontak cleaner.
  • Cek kabel-kabel.
  • Cek kondisi baut sembari merakit ulang.

    2. Upgrade RAM

    foto-fossbytes-cepatjadul2
    Saat ini untuk standar komputansi komputer sudah menggunakan rata-rata 64 bit. Bahkan, Jaka perhatikan 32 bit sudah mulai ditinggalkan. Karena OS 64 bit makan cukup banyak RAM, Jaka sangat menyarankan untuk melakukan upgrade RAM minimal ke 8 GB.
    Tidak hanya karena OS sih, tapi juga software-software lain saat ini cenderung makan RAM besar. Bahkan smartphone saja saat ini berlomba-lomba untuk memperbesar ukuran RAM. Jadi tidak ada salahnya kamu lakukan upgrade RAM, toh harganya masih terjangkau.

    3. Melakukan Format Ulang dan Instal Ulang OS

    foto-belajarkomputer-cepatjadul3
    OS yang terus-menerus kita pakai, cepat atau lambat akan mengalami kerusakan. Ya, seperti inilah pengalaman yang Jaka temukan di lapangan. Kerusakan OS sendiri terjadi karena virus hingga konfigurasi dari si pengguna.
    Dengan rusaknya OS, membuat kinerja ngawur dan lambat. Untuk itu kamu perlu melakukan format secara penuh pada hard disk, setelah itu lakukanlah instal ulang OS. Kamu perlu melakukan ini setidaknya 5 tahun sekali.

    4. Pastikan Tidak Ada Virus

    foto-tkjdikensasi-cepatjadul4
    Pastikan tidak ada virus pada sistem komputer kamu. Ini adalah hal yang cukup sering Jaka temukan di lapangan saat mengecek komputer orang lain yang lambat. Biasanya orang tersebut mematikan antiviruskarena melakukan instalasi software bajakan.
    Untuk itu, kamu perlu menginstal software antivirus yang ringan, mengingat spesifikasi komputer kita jadul atau lambat. Bisa mempergunakan Windows Defender, Smadav, Ansav, ataupun antivirus lain yang memang tergolong ringan.

    5. Instal Software Pendukung yang Bisa Mempercepat Kinerja

    foto-windowscentral-cepatjadul5
    Usaha selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan instal software pendukung seperi CCleaner. Meski tergolong sederhana, tapi terbukti ampuh untuk membantu memaksimalkan kinerja sistem komputer kamu.

    6. Instal Software yang Perlu Saja

    foto-jaleco-cepatjadul6
    Yang keenam yaitu dengan tidak instal software yang aneh-aneh. Ini juga cukup sering Jaka temukan di lapangan. Harus dipahami bahwa spesifikasi komputer kita pas-pasan, jadi tidak perlu yang aneh-aneh.
    Yang aneh-aneh maksudnya seperti software kosmetik ataupun software yang tidak pernah kita pakai. Contohnya mulai dari software Rain Meter, Desk Scapes, dan lain-lain. Jika kamu saat ini memakainya di sistem komputer jadul, segera uninstall.

    7. Ganti Hard Disk ke SSD

    foto-hostfornet-cepatjadul7
    Selanjutnya apabila masih terasa lambat, kamu bisa coba untuk mengganti hard disk sistem komputer kamu ke SSD. Berdasarkan pengujian, sudah terbukti bahwa SSD mampu jauh lebih cepat hingga 10 kali lipat daripada hard disk.
    Dengan mengganti hard disk ke SSD pula, kamu akan menyelesaikan berbagai masalah kerusakan pada hard disk kamu. Dengan melakukan hal ini, berdasarkan pengalaman Jaka, akan membuat proses boot sistem komputer jadi hanya beberapa detik saja.

    8. Gunakan OS yang Ringan

    foto-ubuntudiscourse-cepatjadul8
    Yang berikutnya apabila semua sudah kamu lakukan, tapi kok masih lambat, solusi terakhir yaitu dengan mempergunakan OS yang lebih ringan. Contohnya Windows 7 ataupun Windows XP, yang jelas OS yang membutuhkan spesifikasi sistem komputer rendah.
    Namun apabila kamu mau tetap up-to-date ke OS masa kini, mungkin tidak ada salahnya kamu mencoba Linux. Contohnya, untuk Linux Ubuntu saja, kamu hanya perlu single core prosesor 700 MHz dan 512 MB RAM untuk menjalankannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Smadav Dan Fungsinya

SmartPhone Android yang bakal bisa jalankan Aplikasi Windows?

Performa Smartphone Itu Lebih Ngebut dari Komputer, Masa Sih?