Harddisk Bad Sector! Ini 5 Bahaya Mematikan Komputer Tanpa Shutdown

Harddisk Bad Sector! Ini 5 Bahaya Mematikan Komputer Tanpa Shutdown

5 Bahaya Mematikan Komputer Tanpa Shutdown

1.Registry Menjadi Berantakan

Registry Berantakan
Masalah yang akan muncul pertama kali terletak pada sistem operasi, terutama pada Registry. Sebagai contoh misalnya kamu sedang menjalankan sebuah aplikasi, dan secara tiba tiba komputer tersebut mati karena menekan tombol power, maka Registry tersebut akan berantakan dan tidak bekerja sesuai dengan fungsinya. Namun, jika kamu mematikan komputer melalui shutdown, maka Registry akan menutup secara perlahan dan bergantian agar tidak terjadi kesalahan.

2.Hard Disk Menjadi Bad Sector

Hardisk Menjadi Bad Sector
Kerusakan yang paling sering terjadi akibat mematikan komputer tanpa shutdown yaitu terjadinya Bad Sectorpada Hard Disk. Pada dasarnya, piringan yang berada di dalam harddisk akan berputar ketika komputer menggunakan hard disk tersebut. Jika komputer mati dengan paksa, maka hard disk akan berhenti berputar secara tiba-tiba dan akan berhenti memproses apa yang sedang dilakukannya.

3.RAM Akan Bermasalah

RAM Akan Bermasalah
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa RAM pada sebuah komputer memiliki peran yang sangat penting. RAM berfungsi untuk membagi tugas atas perintah yang diberikan pengguna untuk komputer. Jika kita mematikan komputer melalui shutdown, maka RAM akan menutup semua aplikasi secara baik dan teratur. Namun sebaliknya, jika tanpa shutdown maka akan terjadi kerusakan fatal.

4.Kerusakan Pada Prosesor

Kerusakan Pada Prosesor
Pada sistem komputer, Prosesor sendiri berperan sebagai otak yang memproses semua aktivitas dan perintah dalam sistem komputer. Ketika otak komputer tersebut sedang berpikir atau bekerja secara maksimal, apakah kamu yakin untuk menghentikan proses tersebut dengan mematikan komputer secara paksa? Tentu hal itu akan berakibat buruk.

5.Power Supply Bisa Rusak

Power Supply Bisa Rusak
Power Supply dalam sebuah komputer berfungsi sebagai komponen untuk memberikan serta membagi daya listrik ke seluruh komponen lainnya sesuai dengan yang dibutuhkan komponen tersebut. Ketika komputer sedang bekerja lalu dimatikan secara paksa atau secara tiba-tiba, maka power supply akan menghentikan asupan daya listrik secara menyeluruh dan otomatis semua komponen yang diasupi daya listrik tersebut akan berhenti berfungsi.
Itulah beberapa bahaya yang dapat terjadi akibat mematikan komputer secara paksa tanpa melalui shutdown. Memang efeknya tidak akan langsung terlihat dengan singkat, tetapi jika hal tersebut sering dilakukan maka akan lebih cepat komponen tersebut mengalami kerusakan.
Sumber : https://jalantikus.com/tips/bahaya-mematikan-komputer-tanpa-shutdown/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Smadav Dan Fungsinya

SmartPhone Android yang bakal bisa jalankan Aplikasi Windows?

Performa Smartphone Itu Lebih Ngebut dari Komputer, Masa Sih?